Pengenalan Tentang E-Mail (Electronic Mail)

Standard

Electronic mail (e-mail) merupakan salah satu layanan yang tersedia di internet. Layanan ini digunakan untuk saling korespondensi antar teman, relasi, lembaga dan lain sebagainya. Dengan Email data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Juga kita dapat mengirim file-file berupa program, gambar, graphik dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus pada saat bersamaan.

Konsep E-mail adalah seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, dimana kita mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju. Dari Kantor Pos tersebut akan disampaikan ke Kantor Pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Dan si penerima hanya membuka kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah. Disini si Pengirim tidak tahu apakah si orang yang dituju tersebut sudah menerima surat tersebut, sampai surat itu dibalas.

Setiap pengguna layanan email dapat memiliki alamat E-mail dengan dua cara, yaitu menggunakan :

• web mail, yaitu E-mail yang dapat diperoleh dengan mendaftarkan diri pada site-site yang menyediakan E-mail space pada servernya baik yang gratis atau berbayar seperti : hotmail, yahoo mail, mailcity, usanetmail, cmpnetmail, dan lain-lain.

• POP mail, yaitu E-mail yang dapat diperoleh bila kita mendaftarkan diri pada mail server tertentu (biasanya dengan beberapa syarat tertentu), misalnya milik ISP dimana anda terkoneksi atau milik instansi dimana anda sedang bekerja. Browser untuk POP mail biasanya menggunakan browser tersendiri seperti Netscape Messenger atau Microsoft Internet Mail.

Alamat Email
Alamat diperlukan dalam proses pengiriman email. Sistem pengalamatan pada email menggunakan format identitas dan domain yang digabung menggunakan karakter @ (at,dibaca et), seperti namasaya@domain.or.id

Pengiriman email dilakukan oleh protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan protokol di jaringan TCP/IP yang mengatur bagaimana email berpindah di antara host dan pemakai. Email disampaikan kepada penerima yang dituju. Sementara penerimaan email dilakukan oleh beberapa protokol yaitu POP (Post Office Protocol) dan IMAP (Internet Message Access Protocol). Protokol POP dipakai untuk mengambil email yang tersimpan pada mailbox untuk kemudian dibaca dengan menggunakan aplikasi email. IMAP memiliki fungsi yang sama dengan POP, hanya IMAP memiliki fitur yang lebih banyak daripada POP.

Sumber : http://yudhim.blogspot.com/2010/08/pengenalan-tentang-e-mail-electronic.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s