Olah Raga Futsal

Standard

Image

Futsal adalah salah satu olah raga yang sangat menyenangkan bagi para penghobinya. Selain dapat berolah raga bila kita bermain futsal ternyata dapat pula melupakan masalah-masalah kehidupan sehari-hari yang sering kali membuat pusing. Seakan hidup ini tidak ada masalah apabila kita sedang bermain futsal, kita dibawa mengalir kesana-kemari berlari.

Saya telah mewawancarai ssalah seorang nara sumber yang hoby sekali bermain futsal. Ini lah hasil wawancara saya.

Pada saat duduk di bangku kelas 1 SMP dia mulai mengenal futsal, karena di sekolahnya pada saat itu diadakan ekstra kulikuler futsal. Dari saat itu lah betapa menyenangkannya olah raga ini dia jalani, saat pulang dari sekolah ataupun saat libur akhir pekan dia sering menyempatkan waktu untuk sekedar mengeluarkan keringat dengan bermain futsal dengan teman-teman.

Pada mulanya tidak terlalu menarik untuk dia, namun bila kita bermain dengan team lawan yang belum pernah bertanding sebelumnya justru menambah motifasi tersendiri , terlebih apabila kita bertanding dengan lawan (sparing) dengan system apabila team yang kalah harus membayar uang sewa lapangan pertandingan,atau pun system lainnya  motifasi serta semangat bertanding jauh lebih tinggi.

Pertandingan demi pertandingan telah dia  jalani mulai dari sekedar pertandingan biasa hingga sparing sudah dia jalani. Sampai ketika dia duduk di bangku kelas 2 SMP dia dan kawan-kawannya dapat mewakili sekolah mengikuti kejuaraan futsal tingkat SMP sejakarta timur yang diadakan di salah satu SMPN jakarta, pada saat itu dia mendapat pengalaman lebih yaitu dapat bertanding di level yang menurut dia pada saat itu cukup lumayan.

Mulai dari babak penyisihan sampai babak selanjutnya semangat mereka serta kerja sama mereka terus di motifasi oleh kawan-kawan serta perwakilan guru yang menyaksikan, suatu pengalaman pertama yang sangat berharga yang dia dapatkan yaitu jangan pernah menyerah sebelum menghadapi musuhmu.

Sampai akhirnya pada babak semi final group dia kalah dan dengan terpaksa harus merelakan juara pertama dan kedua, namun dengan pengalaman yang minim serta skill yang belum dapat dikatakan baik, mereka masih memiliki semangat serta motifasi dari kawan-kawan dan akhirnya mereka berhasil mendapat juara ketiga.

Suatu pengalaman pertama yang sangat berharga dikemudian hari, sampai kemudian dia meniggalkan bangku SMP dan melanjutkan ke SMK, dia tetap berlatih fusal dengan kawan-kawan SMP yang pada saat itu sudah tidak sama-sama satu sekolahan, mereka mulai mengikuti turnamen futsal di daerah Jakarta timur dan Depok, dan hasilnya mereka sering mendapatkan juara baik pertama, kedua, ketiga namun juga pernah tidak mendapat juara.

Berkali-kali prestasi dari bermain futsal itu dia dan teman-temannya dapatkan, namun menurut dia bukan sekedar juara yang mereka cari melainkan pengalaman serta pembelajaran dari olah raga futsal itu sendiri.

Sampai pada saat ini dia telah duduk dibangku kuliah serta bekerja dia dan kawan-kawannya masih sesekali bermain futsal, karena mungkin kesibukan masing-masing mereka jadi jarang berlatih.

Mungkin hanya sedikit pengalaman yang dapat dia tuangkan, dan sedikit pula iformasi yang dapat saya sampaikan.

Apabila ada kesalahan penggunaan kata, mohon dimaafkan. Semoga informasi ini berguna untuk pembaca yaitu dapat membangun rasa tertariknya bermain futsal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s