Permasalahan Dalam Hidup

Standard

Setiap manusia yang terlahir di dunia ini, dari pertama ia di beri nyawa saat dalam kandungan samapai ia terlahir di dunia ini pasti telah mempunyai masalah yang menyangkut di dirinya. Masalah yang dihadapinya saat ia diberi nyawa yaitu bagaimana cara ia memperoleh sesuatu yang dapat mempertahakan dirinya untuk tetap hidup  sampai pada saatnya ia terlahir di dunia ini. Permasalahan yang mau tidak mau harus kita hadapi. Saya pernah mendengar pepatah yang bilang  “ hidup itu seperti diperkosa,mau tidak mau, suka tidak suka, harus tetap di jalani ”. Memang ada benarnya pepatah seperti itu. Sama seperti masalah mau gak mau kita harus menghadapi permasalah tersebut. Dan setiap permasalahan itu pasti ada jalan keluarnya. Baik permasalahan yang tingkat kesulitannya masih dibilang rendah, artinya kesulitannya masih bisa di atasi dalam jangka waktu singkat dan permasalahan pun selesai. Dan ada permasalahan yang tingkat kesulitannya sangat rumit sekali, seorang diri pun tidak bisa menyelesaikan permasalahan tersebut, sehingga membutuhkan bantuan dari orang lain.

Permasalahan itu biasanya timbul dari diri kita sendiri. Contohnya apabila kita berbohong kepada orang lain,itu merupakan faktor yang mengakibatkan permasalahan yang akan terjadi selanjutnya. Cara penyelesaiannya yaitu kejujuran atau mempertanggung jawabkan atas omongannya tersebut. Kalau tidak cepat diselesaiakan, masalah yang masih dibilang sederhana lama-kelamaan akan menjadi runyam.

Permasalahan juga bisa timbul dari orang lain. Misalnya saja apabila orang itu melakukan kesalahan tetapi melimpahkannya ke diri kita, ibarat kata kita jadi kambing hitamnya. Mau tidak mau kita akan terlibat dalam permasalahan itu. Cara penyelesaiannya kita harus mencari bukti yang kuat untuk membebaskan kita dari permasalahn tersebut.

Begitupula dengan hidup saya, saya pun pernah menghadapi masalah. Masalah yang timbul karena ulah saya sendiri. Mulai dari masalah percintaan, keluarga, sampai pelajaran. Saya bingung apa yang mesti saya lakukan, alhamdulillahnya saya masih punya Tuhan. Saya berdoa kepada Allah, minta petunjuk dan minta ketenangan hati dan fikiran. Karena dengan kita mengadu kepada-Nya maka Ia memberi kita jalan keluarnya. Masalah pertama yang selesai yaitu masalah percintaan. Tidak munafik, saya butuh seseorang untuk bisa mensuport saya. Akhirnya saya mendapatkan kembali sesorang itu, dia telah mambantu saya dalam banyak hal. Menenangkan saya, membuka fikiran saya, dan banyak lainnya.

Kalau dalam masalah pelajaran memang itu benar-benar karna hasil perbuatan saya sendiri. Saya mendapatkan nilai-nilai yang jelek, akibat dari saya malas belajar. Itu juga merupakan masalah yang membuat pala saya pusing. Keadaan dimana pada saat itu saya merasa hopeles (tidak ada harapan). Tetapi Teman-teman saya tidak luput membantu saya dalam hal membuka fikiran saya,agar saya dapat berfikir tindakan apa yang harus saya lakukan. Teman saya pernah barkata kepada saya, setiap orang pasti merasakan jatuh. Tidak pernah orang selalu berada di atas. Karena pada saat jatuh itulah kita bisa menjadi orang yang lebih baik, akhirnya fikiran saya pun terbuka. Masih ada kesempatan saya untuk memperbaiki nilai saya tersebut.

Ternyata masalah itu pasti ada jalan keluarnya. Dalam menentukan jalan keluar, kita butuh seseorang untuk mensuport kita. Baik itu dari teman spesial ( pacar), teman-teman maupun keluarga. Yang paling utama saya mempunyai Tuhan, Dia lah yang membantu saya. Dan saya merasa bersyukur karena banyak orang yang mempunyai masalah yang lebih rumit dari saya.

Ada kata-kata yang membuat saya mencoba untuk bersabar dalam menghadapi masalah,,

Aku meminta setangkai bunga segar.. Allah beri kaktus berduri

Aku meminta bunga mungil nan cantik.. Allah beri ulat berbulu

Aku sudah protes dan kecewa..betapa tidak adilnya ini..

Namun kemudian kaktus itu berbunga sangat indah, lalu ulat itupun tumbuh dan berubah menjadi kupu-kupu yang cantik.

“Itulah jalan Allah.. Indah pada waktunya” Allah tidak memberi apa yang kita harapkan tapi Allah memberi apa yang kita perlukan.

Kadang kita sedih, kecewa dan terluka..

Tapi jauh di atas segalanya Allah sedang merajut yang terbaik untuk kita…..

Sekian dan terimakasih…..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s