Bagaimana Cara Membenahi Hukum Ekonomi Di Indonesia??

Standard

Kenapa hukum yang selalu banyak di bahas adalah hukum ekonomi? Kan banyak hukum-hukum yang lainnya di Indonesia?

Itu semua karena hukum ekonomi merupakan faktor terpenting dalam kemajuan suatu negara. Ekonomi itu merupakan permasalahan pertama dan menjalar kesemua hukum.

Apa sih hukum ekonomi itu?

Hukum ekonomi itu merupakan elemen terpenting dalam pelaksanaan perekonomian di suatu negara. Dengan adanya hukum ekonomi, semua yg berhubungan tentang ekonomi, ada pedomannya. Jadi tidak akan terjadi tindak penyimpangan dalam perekonomian. Apabila terjadi pelanggaran, dapat dikenakan sanksi sesuai dengan hukum ekonomi yang di buat dan berlaku.

Pada dasarnya sistem ekonomi akan berjalan lancar dengan adanya dukungan sistem hukum. Perkembangan ekonomi juga secara kuantitatif dan kualitatif bagi perkembangan hukum. Adanya hubungan yang erat antara hukum dan ekonomi menjadi pengaruh timbal balik. Jadi tanpa adanya hukum dalam sistem perekonomian, suatu negara tidak akan berkembang dan maju karena hukum ekonomi berperan penting bagi pembangunan hukum dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Begitu juga di Negara kita tercinta ini, Indonesia. Di indonesia sendiri pun telah mempunya hukum ekonomi yang sudah lebih baik. Hukum dibuat oleh badan yang berwenag dan bersifat memaksa serta mengikat. Pemerintah selalu saja mengeluarkan ide-ide yang brilian  yang bertujuan untuk membangun pertumbuhan ekonomi pada negara ini. Dan upaya yang dikeluarkan semua itu selalu mendapat respon dari rakyat kalangan bawah, yang kadang memberikan harapan atau pun memberikan suatu tndakan yang lain untuk kalanghan bawah.

Sebelum kita membahasa tentang bagaimana cara membenahi hukum ekonomi di Indonesia, mari kita lihat dulu apa yang sudah terjadi di Indonesia sekarang-sekarang ini. Hukum perekonomian di Indonesia memang sudah tersusun rapih dan negara Indonesia sudah seharusnya tinggal menjalankan hukum itu tanpa harus ada pelanggaran atau penyalahgunaan hukum ekonomi.

Tetapi apakah negara Indonesia sampai saat ini telah menjadi negara dengan perekonomian yang baik dalam arti telah menjalankan hukum ekonomi yang baik dan benar? atau malah masih ada terjadi penyimpangan-penyimpangan dalam pelaksanaan hukum ekonomi tersebut ? atau bahkan sering terjadi penyimpangan?

Nah sekarang kita bahas bagaimana cara membenahi hukum ekonomi di indonesia.

Bagaimana cara membenahi hukum di Indonesia, itu merupakan pertanyaan sulit bagi saya. Secara saya bukan anggota pemerintahan dan pengetahuan saya belum begitu luas tentang pembahasan tersebut. Tetapi saya akan memberikan pendapat saya tentang bagaimana cara membenahi hukum ekonomi di Indonesia.

Hukum ekonomi dibuat seharusnya untuk menyejahterakan rakyatnya, contohnya adalah pasal 33 UUD 1945, yang berbunyi:

  1. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar asas kekeluargaan.
  2. Cabang–cabang produksi yang penting bagi Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.
  3. Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
  4. Perekonomian nasional diselenggarakan berdasarkan demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi, berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.
  5. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang.

 

Dalam kenyataanya di Indonesia undang-undang tersebut sedikit tidak digunakan atau diacuhkan oleh para penguasa di Indonesia. Menurut saya hukum ekonomi di Indonesia haruslah ditegakkan. Sebenarnya sudah banyak siih usaha yang dilakukan oleh anggota pemerintahan tetapi lama-kelamaan hilang dan hasilnya pun nihil. Karena mereka takut untuk mengemban konsekuensi yang dihadapinnya. Menurut saya, mereka melakukan pembenahan tersebut awalnya hanya untuk mencari muka kepada masyarakat Indonesia.

 

Lalu kita lihat permasalahan ekonomi yang marak diberitakan tidak lain dan tidak bukan ialah kasus tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Kasus ini ibarat kata sudah merupakan salah satu ciri dari negara Indonesia. Sungguh TRAGIS!!

Dalam pembenahan hukum ekonomi di Indonesia tidak hanya dilakukan pemerintah tetapi dalam pemebenahan tersebut butuh partisipasi dari aparat penegak hukum dan partisipasi rakyat. Karena apabila ketiga tersebut saling melakukan pembenahan dan bekejasama dengan baik, maka akan terciptanya hukum ekonomi yang baik dan bagus.

Dari sisi pemerintahannya, para anggota di pemerintahan harus lebih menegaskan hukum ekonominya. Membuat undang-undang yang mempunyai sanksi lebih berat lagi. Lebih bagus lagi di tambahin dengan kata “TANPA ACARA SUAP-MENYUAP”. Dan para anggota di pemerintahan juga tidak boleh menggunakan jabatannya untuk menghindarkan diri dari sanksi yang diterima akibat pelanggaran yang dilakukannya.

            Dari sisi aparat penegak hukum, para aparat penegak hukum harus lebih tegas lagi mengenakan sanksi kepada para pelanggar hukum. Jangan pernah mau disuap. Jangan ijo melihat duit di depan mata. Pasti aparat penegak hukum mempunyai agama dan diajarkan oleh agamanya, mana yang harus dikerjakan dan mana yang harus di jauhkan. Harus bersifat adil, jangan membeda-bedakan dari status si pelanggar hukum itu.

            Dari sisi masyarakat, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan juga dalam pembahasan ini. Dengan cara menanamkan rasa kesadaran dan perbaikan moral setiap individu masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan masyarakat. Masyarakat tidak boleh hanya mengomentari para pemerintahan saja, tetapi harus terjun langsung dalam membenahi hukum ekonomi di indonesia ini. Mulai dari hal kecil di lingkungan sekitar, karena mulai dari yang kecil itulah yang bisa menanamkan diri untuk jadi lebih baik di lingkungan besar.

Sekian pendapat saya dalam bagaimana cara membenahi hukum ekonomi di Indonesia. Maav kalau ada pembaca yang kurang setuju dengan pendapat saya itu. Jujur pengetahuan saya masih sangat minim tentang hukum ekonomi di Indonesia ini. Semoga tulisan saya bermanfaat bagi pembaca (khususnya pemerintah, aparat penegak hukum dan masyarakat pada umumnya).

 

Sekian dan terima kasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s