Tugas softskill : Karangan Ilmiah Kewirausahaan

Standard

PENGARUH STRATEGI POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HIJAB DAN AKSESORIS NAUGHTY

(STUDI KASUS : MAHASISWA PENGGUNA HIJAB DAN AKSESORIS NAUGHTY DI UNIVERSITAS GUNADARMA)

Latar belakang

Kewirausahaan menurut saya itu adalah kegiatan yang dapat menghasilkan uang dari hasil usaha mengembangkan bakat atau keterampilan yang kita punya.

Saya terinspirasi setelah membaca blog seseorang tentang kewirausahaan. Penulis blog tersebut pernah berkunjung ke salah satu universitas yang ada di yogyakarta, selain ingin bersilaturahim ke tempat belajar sahabat yang sedang belajar di sana penulis juga ingin melihat kemajuan dan kelebihan apa saja yang ada di kampus tersebut dibanding dengan kampus lain. Saat berkunjung kekampus yang cukup besar tersebut, penulis sangat kagum karena ternyata banyak sekali usaha kecil-kecilan milik mahasiswa yang dikelola dengan baik di sana. Mulai dari usaha ketering, laundry, rental dvd, jasa pengetikan, dan yang penulis anggap paling berpotensi untuk dijalankan saat ini adalah “Angkringan Kampus”. Saat itu penulis sedang berteduh di salah satu angkringan yang ada di unversitas tersebut, sembari menunggu hujan reda, penulis mengobrol dengan penjaga angkringan. Ketika penulis bertanya pada sang penjaga angkringan tentang usaha yang ia kelola, penulis terkejut karena modal yang dikeluarkan tidak terlampau besar, modalnya hanya berkisar sampai lima ratus ribu rupiah saja.

Lalu penulis bertanya masalah bagaimana setiap hari pasokan barang dagangan, lalu penjaga angkringan menjawab bahwa setiap hari ada orang atau dapat dikatakan sebagai produsen mengirimkan pasokan barang dagangan yang akan dijual oleh penjaga angkringan tersebut. Lalu bagaiman dengan keuntungan yang diperolah penjaga angkringan tersebut? Ternyata keuntungannya cukup lumayan, sang penjaga angkringan bertutur bahwa keuntungannya sehari berkisar lima puluh ribu rupiah sampai seratus ribu rupiah perhari, tergantung ramainya pembeli.

Mungkin usaha ini adalah usaha yang terbilang sederhana, dan mungkin terlihat sangat menguras tenaga namun ternyata usaha ini dapat di jadikan usaha sampingan atau usaha yang dilakukan di waktu luang saja. Kenapa bisa begitu? Jawabnya adalah karena usaha ini dapat dikerjakan bekerjasama dengan orang lain, mungkin juga sesama mahasiswa ataupun orang lain yang berminat dengan usaha ini. Karena alasan itulah penulis berpendapat akan ada peluang bisnis yang mungkin akan sangat berhasil untuk dilakukan di kampus kita. Dan selain belum adanya usaha tersebut di STMIK Amikom maka penulis mengambil tema “Angkringan Kampus” untuk karya ilmiah kali ini.

Dan saya terinsipasi ingin membuka usaha di dekat kampus menjual aksesoris yang sedang trendy, menjual hiasan-hiasan hanmade dan juga memberi pelatihan bagaimana membuat hiasan-hiasan hanmade, saya juga berniat menjual kerudungan yang sedang ngetrend saat ini dan juga memberi pelatihan bagaimana cara memakai hijab yang modis, simple, elegant dan juga tidak mengurangi unsur syariat islam. Yang nanti toko tersebut akan saya beri nama “Naughty” Karena disekitar kampus saya juga terdapat banyak mahasiswa yang membuka usaha di sekitar kampus.

Menurut pemikiran saya, membuka usaha tersebut tidak begitu mengeluarkan modal yang berlebihan tetapi membutuhkan keterampilan yang lebih. Maka dari itu saya sekaligus membuka pelatihan agar orang-orang yang datang ke tempat kami, dapat dilatih agar mereka juga bisa membuatnya sendiri.

Membuka usaha ini pun saya tidak sendiri, saya akan mengajak teman-teman saya untuk bekerjasama membuka usaha ini. Jadi modal pribadi yang dikeluarkan tidak begitu besar. Segmentasi pasar kami yaitu ditujukan untuk semua umur, terutama dikalangan mahasiswa, karena tempat yang saya jadikan tempat usaha terletak disekitar kampus.

Bentuk strategi pemasaran :

 

Direct Marketing

Kami menjual barang dagangan kami secara langsung agar konsumen dapat menegtahui lebih jelas kalitas produk yang kami jual. Strategi yang digunakan diantaranya :

 

Word of mouth

Merupakan salah satu media promosi yang sangat efektif, selain itu promosi ini tidak memakan biaya sama sekali. Yang perlu dilakukan agar konsumen datang mempromosikan. Dengan cara memberi pelayanan terbaik ketika berhadapan langsung dengan konsumen.

 

 

On Line Marketing

Kami juga menggunakan media internet sebagai alat untuk promosi. Kami menggunakan internet karena dapat menjangkau seluruh konsumen baik kalangan atas maupun kalangna bawah. Kalangan muda maupun kalangan dewasa dan informasi dapat diakses kapan saja. Sosial network yang digunakan adalah : Website, Blog, Facebook

 

Tujuan penulisan

  1. Adapun karangan ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah softskill Bahasa Indonesia 2.
  2. Untuk memberi gambaran bahwa dunia wirausaha itu sangat luas dan menjanjikan kedepannya.
  3. Untuk merangsang pemikiran mahasiswa yang kreatif, inovatif, dan dinamis.
  4. Untuk memberikan informasi tentang usaha menjual barang sekaligus memberi pelatihan.
  5. Untuk memberikan gambaran singkat mengenai segmentasi pasar usaha dan bentuk strategi pemasaran usaha yang saya/kami buat.
  6. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara harga,kualitas, promosi dengan keputusan pembelian.
  7. Untuk mengembangkan semangat kemandirian finansial, kemampuan kerja dalam tim, dan keahlian manajemen professional.
  8. Perwujudan tridharma perguruan tinggi
  9. Meningkatkan kompetensi serta kualitas ilmu pengetahuan yang dikembangkan oleh perguruan tinggi.
  10. Meningktakan citra positif perguruan tinggi sebagai salah satu pencetak generasi muda pengubah bangsa kearah yang positif.

Hipotesa

 

Objek Penelitian    : Semua mahasiswa Gunadarma.

Data/Variabel : Data/Variabel yang digunakan oleh penulis adalah data kuesioner yang diajukan kepada mahasiswa Gunadarma, dengan Jumlah sample 50 Mahasiswa. Juga dengan menggunakan variabel bebas (X1 = Harga ; X2 = Kualitas ; X3 = Promosi) dan variabel terikat (Y = Keputusan pembelian)

 

Hipotesis Penelitian                : Pada saat sekarang ini, terdapat banyak orang yang tertarik dengan segala aksesoris untung mendukung penampilannya. Dan di sekarang-sekarang ini, sudah banyak wanita muslim yang sudah menggunakan hijab dengan berbagai bentuk pemakaian dan berbagai bentuk aksesoris yang menempel di hijabnya. Penelitian yang saya lakukan adalah penilitian keputusan pembelian terhadap harga, kualitas dan promosi barang yang di jual. Dengan segmentasi pasar untuk semua kalangan terutama di sekitar universitas Gunadarma. Dan secara strategi pemasaran dengan Direct Marketing, Word of mouth, On Line Marketing.

 

Hipotesis Nol (H0)                  : Harga, kualitas dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian hijab dan aksesoris Naughty.

 

Hipotesis Alternatif (Ha/H1) : Harga dan kualitas dan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian hijab dan aksesoris Naughty.

Persamaan regresi linier sederhana : Y = a + b (X)

a = konstanta

b = koefisien regresi

Y = variable dependen (variable tak bebas) = kepuasan konsumen

X = variable independen (variable bebas)        = kualitas barang

Image

Bentuk kuesioner :

Image

Image

Image

Keputusan Pembelian :21,476 – 1,114×1 + 0,484×2 +0.343x

 

Kesimpulan

 

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

Variabel Harga produk mempunyai nilai pengaruh yang cukup tinggi terhadap keputusan pembelia. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat signifikan 0,015 yang nilainya lebih kecil dari o,05. Dengan demikian bagi konsumen harga produk merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk Naughty.

Jadi saya akan menjual produk-produk saya sesuai dengan kantong mahasiswa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s