IFAC DAN IASB

Standard

IFAC

International Federation of Accountants (IFAC) adalah organisasi global untuk profesi akuntansi. Didirikan pada tahun 1977, IFAC memiliki 179 anggota dan asosiasi di 130 negara dan yurisdiksi, yang mewakili lebih dari 2,5 juta akuntan yang bekerja dalam praktek umum, industri dan perdagangan, pemerintah, dan lembaga pendidikan. Organisasi, melalui papan penetapan standar yang independen, menetapkan standar internasional tentang etika, audit dan jaminan, pendidikan akuntansi, dan akuntansi sektor publik. Hal ini juga mengeluarkan pedoman untuk mendorong kinerja berkualitas tinggi oleh akuntan profesional dalam bisnis.

Untuk memastikan kegiatan IFAC dan pengaturan tubuh yang didukung oleh IFAC standar independen responsif terhadap kepentingan publik, Bunga Badan Pengawasan Umum internasional (PIOB) didirikan pada Februari 2005.

Misi

Misi IFAC adalah untuk melayani kepentingan publik dengan: memberikan kontribusi bagi pengembangan standar kualitas tinggi dan bimbingan; memfasilitasi adopsi dan pelaksanaan standar kualitas tinggi dan bimbingan, memberikan kontribusi bagi pengembangan organisasi akuntansi profesional yang kuat dan perusahaan akuntansi dan tinggi kualitas praktek oleh akuntan profesional, dan mempromosikan nilai akuntan profesional di seluruh dunia, dan berbicara tentang isu-isu kepentingan publik.

Visi

Visi IFAC adalah bahwa profesi akuntansi global yang diakui sebagai pemimpin dihargai dalam pengembangan organisasi yang kuat dan berkelanjutan , pasar keuangan , dan ekonomi .

sejarah

The International Federation of Accountants didirikan pada tanggal 7 Oktober 1977, di Munich , Jerman , pada Kongres Dunia ke-11 Akuntan. IFAC didirikan untuk memperkuat profesi akuntansi di seluruh dunia untuk kepentingan umum oleh :

1. Mengembangkan standar internasional yang berkualitas tinggi dalam audit dan jaminan , akuntansi sektor publik , etika , dan pendidikan bagi akuntan profesional dan mendukung adopsi mereka dan menggunakan ;

2. Memfasilitasi kolaborasi dan kerjasama antar instansi anggotanya ;

3. Berkolaborasi dan bekerja sama dengan organisasi internasional lainnya , dan

4. Melayani sebagai juru bicara internasional untuk profesi akuntansi .

Pada pertemuan pertama Majelis IFAC dan Dewan pada bulan Oktober 1977 , program kerja 12 -point dikembangkan untuk memandu komite IFAC dan staf melalui lima tahun pertama kegiatan . Banyak elemen dari program kerja ini masih relevan sampai sekarang . Dimulai dengan 63 anggota pendiri dari 51 negara pada tahun 1977 , keanggotaan IFAC telah berkembang menjadi sekarang termasuk 179 anggota dan asosiasi di 130 negara dan yurisdiksi di seluruh dunia .

 

IASB

IASB didirikan pada tahun 2001 dan merupakan badan penetapan standar dari IFRS Foundation, sebuah, swasta independen, tidak-untuk organisasi nirlaba. IASB berkomitmen untuk mengembangkan , untuk kepentingan umum , satu set standar akuntansi berkualitas tinggi global yang memberikan kualitas tinggi informasi yang transparan dan dapat dibandingkan dalam laporan keuangan bertujuan umum . Dalam mengejar tujuan ini IASB melakukan konsultasi publik yang ekstensif dan mencari kerjasama dari badan-badan internasional dan nasional di seluruh dunia . IASB memiliki 15 anggota penuh – waktu diambil dari 11 negara dan berbagai latar belakang profesi . Pada bulan Juli 2012, Dewan akan diperluas menjadi 16 anggota . Anggota dewan yang ditunjuk oleh dan bertanggung jawab kepada Pembina dari IFRS Foundation, yang diminta untuk memilih kombinasi terbaik yang tersedia keahlian teknis dan keragaman bisnis internasional dan pengalaman pasar . Dalam pekerjaan mereka Pengawas bertanggung jawab kepada Dewan Pemantauan otoritas publik .

Di bawah Yayasan Konstitusi IFRS , IASB memiliki tanggung jawab penuh untuk semua hal teknis dari IFRS Yayasan termasuk :

  •          kebijaksanaan penuh dalam mengembangkan dan mengejar agenda teknis , tunduk pada persyaratan tertentu konsultasi dengan Pembina dan masyarakat
  •          penyusunan dan penerbitan SAK ( selain Interpretasi ) dan draft eksposur , mengikuti proses hukum yang diatur dalam Konstitusi
  •          persetujuan dan penerbitan Interpretasi yang dikembangkan oleh Komite Interpretasi IFRS .

Badan penasehat resmi IASB menyediakan saluran penting bagi IASB untuk menerima masukan pekerjaan dan untuk berkonsultasi pihak yang berkepentingan dari berbagai latar belakang dan wilayah geografis secara transparan .

Badan penasehat formal didirikan khusus untuk terlibat dengan pekerjaan IASB biasanya secara teratur (terlepas dari kelompok kerja , yang pertemuan berlangsung atas dasar ad hoc ) . Pertemuan dengan badan-badan ini diadakan di depan umum dan bahan pertemuan yang relevan yang dibuat tersedia di website . Dimana teknis layak , pertemuan juga direkam dan webcast .

Namun, IASB terlibat dengan berbagai badan , yang tidak terbatas pada badan-badan penasihat formal. Misalnya , interaksi dengan lembaga yang menetapkan standar regional dan nasional merupakan komponen penting dari kegiatan konsultasi IASB . Selain itu, ia terlibat dengan sejumlah entitas dan organisasi secara ad hoc sebagai bagian dari proyek kegiatan outreach tertentu atau dapat membuat hoc kelompok penasihat sementara ad ahli untuk membantu IASB di daerah proyek terkait tertentu .

 

sumber :

http://www.ifac.org

http://en.wikipedia.org/wiki/International_Federation_of_Accountants

http://www.iasplus.com

http://en.wikipedia.org/wiki/International_Accounting_Standards_Board

http://www.ifrs.org/The-organisation/Pages/IFRS-Foundation-and-the-IASB.aspx

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s