Tiga Bursa Efek di Dunia Beserta Ketentuan Pelaporan Keuangan

Standard

Bursa efek atau bursa saham adalah sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan efek perusahaan yang sudah terdaftar di bursa itu. Bursa efek tersebut, bersama-sama dengan pasar uang merupakan sumber utama permodalan eksternal bagi perusahaan dan pemerintah. Biasanya terdapat suatu lokasi pusat, setidaknya untuk catatan, namun perdagangan kini semakin sedikit dikaitkan dengan tempat seperti itu, karena bursa saham modern kini adalah jaringan elektronik, yang memberikan keuntungan dari segi kecepatan dan biaya transaksi. Karena pihak pihak yang bertransaksi tidak perlu saling tahu lawan transaksinya, perdagangan dalam bursa hanya dapat dilakukan oleh seorang anggota, sang pialang saham. Permintaan dan penawaran dalam pasar-pasar saham didukung faktor-faktor yang, seperti halnya dalam setiap pasar bebas, memengaruhi harga saham (lihat penilaian saham). Berikut ini akan membahas tentang 3 bursa efek di Dunia beserta ketentuan laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di bursa efek tersebut.

Bursa Efek Indonesia (BEI)

Di Indonesia, pasar yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan efek perusahaan bernama BEI (Bursa Efek Indonesia). BEI terbentuk pada tanggal 1 Desember 2007. BEI terbentuk atas dasar penggabungan antara BEJ (Bursa Efek Jakarta) dengan BES (Bursa Efek Surabaya) dimana BEJ tumpuan kinerjanya terutama pada saham, sedangkan di BES tumpuan kinerjanya pada obligasi. Demi efektivitas operasional dan transaksi, pemerintah memutuskan untuk menggabung Bursa Efek Jakarta sebagai pasar saham dengan Bursa Efek Surabaya sebagai pasar obligasi dan derivatif. Di dalam BEI berisikan tentang informasi laporan keuangan perusahaan yg terdaftar di bursa efek tersebut. Berikut adalah ketentuan laporan keuangan bagi perusahaan yang terdaftar di BEI :

1. Laporan Keuangan Triwulan I dan Triwulan III unaudited selambat-lambatnya pada akhir bulan pertama setelah tanggal Laporan Keuangan Triwulan dimaksud.

2. Laporan Keuangan yang tidak disertai laporan akuntan, disampaikan selambat-lambatnya pada akhir bulan pertama setelah tanggal Laporan Keuangan Tengah Tahunan dimaksud.

3.  Laporan Keuangan yang disertai laporan akuntan, dalam rangka penelaahan terbatas, disampaikan selambat-lambatnya pada akhir bulan ke-2 (dua) setelah tanggal Laporan Keuangan Tengah Tahunan dimaksud

4.  Laporan Keuangan yang disertai laporan Akuntan yang memberikan pendapat tentang kewajaran Laporan Keuangan secara keseluruhan, disampaikan selambat-lambatnya pada akhir bulan ke-3 (tiga) setelah tanggal Laporan Keuangan Tengah Tahunan dimaksud.

5. Laporan Keuangan Tahunan dalam bentuk laporan keuangan audited, selambat-lambatnya pada akhir bulan ke-3 (ketiga) setelah tanggal laporan keuangan tahunan. Namun peraturan tersebut kemudian tidak berlaku bagi emiten atau perusahaan publik yang efeknya tercatat di Bursa Efek di Indonesia dan Bursa Efek di negara lain, dengan dikeluarkannya Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Nomor 40/BL/2007. Dalam lampirannya, yaitu Peraturan Bapepam Nomor X.K.7, disebutkan bahwa batas waktu penyampaian laporan keuangan tahunan kepada Bapepam dan LK dilakukan mengikuti ketentuan di negara lain tersebut.

Secara keseluruhan omponen-komponen yang terdapat dalam laporan keuangan yaitu :

1. Neraca

2. Laporan Laba Rugi

3. Laporan Perubahan Ekuitas

4. Laporan Arus Kas

New York Stock Exchange (NYSE)

Bursa Efek New York (sering disebut sebagai NYSE) adalah salah satu bursa saham terbesar di dunia. Bursa ini terletak di 11 Wall Street, Lower Manhattan, New York City, New York, Amerika Serikat.

NYSE dioperasikan oleh NYSE Euronext yang dibentuk oleh penggabungan NYSE pada tahun 2007 dengan bursa saham elektronik sepenuhnya Euronext. Lantai perdagangan NYSE terletak di 11 Wall Street dan terdiri dari empat kamar yang digunakan untuk fasilitasi perdagangan. Sebuah lantai perdagangan kelima, terletak di 30 Broad Street, ditutup pada Februari 2007. Bangunan utama, terletak di 18 Broad Street, antara sudut-sudut Wall Street dan Exchange Place, ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1978, seperti bangunan di 11 Wall Street.

Ketentuan pelaporan keuangan emiten NYSE diatur penuh oleh Komisi Pengawas Pasar Modal atau Securities Exchange Commission  (SEC).  Guna melaksanakan mandat yang diberikan maka SEC menetapkan sesuatu aturan yg mewajibkan perusahaan publik untuk  menyerahkan laporan keuangan secara berkala setiap kwartal & juga laporan tahunan melalui Securities Act of 1993.

perusahaan-perusahaan yang terdaftar di NYSE yang harus mengumumkan laporan keuangannya kepada masyarakat, dan yang harus segera diumumkan antara lain dividen tahunan, laba tahunan maupun dividen dan laba sementara.

Bombay Stock Exchange (BSE)

Bursa Efek Mumbai (Bombay)  atau dalam bahasa inggrisnya BSE (Bombay Stock Exchange) adalah bursa saham terletak di Mumbai, Maharashtra, India, dan merupakan bursa saham tertua diAsia. Didirikan di Jalan Dalal pada tahun 1875 untuk menjadi sebuah organisasi resmi dikenal sebagai ‘The Native Share & Stock Brokers Association’. BSE saat ini ditempatkan di Menara Phiroze Jeejeebhoy di Jalan Dalal, daerah Fort. Bursa ini adalah bursa saham terbesar ke-8 di dunia dan juga bursa saham terbesar ke-4 di Asia dengan kapitalisasi pasar. BSE memiliki jumlah perusahaan terdaftar terbesar di dunia.

Indeks pasar saham utama BSE adalah BSE Sensex, dikenal sebagai BSE 30 atau Indeks SENSEX (Indeks Sensitif Mumbai), indeks tiga puluh saham utama tertimbang dengan kapitalisasi pasar. Meskipun ada banyak bursa lainnya, akun BSE dan Bursa Saham Nasional India untuk mayoritas perdagangan ekuitas di India. Sementara kedua memiliki total kapitalisasi pasar sama, volume saham NSE biasanya dua kali dari BSE.

Mumbai (Bombay) bursa saham sekarang terdaftar lebih dari 6000 saham. Ketentuan agen yang mengawasi fungsi pasar pasar modal adalah Securities and Exchange Board of India (SEBI), agen departemen keuangan yang dibentuk tahun 1988 dan diberi kewenangan secara hukum tahun 1992. Pada garis besarnya, pembukuan dan pengungkapan kebutuhan bari perusahaan terdaftar sama dengan mereka yang ada di AS.

Ketentuan pelaporan Keuangan perusahaan yang terdaftar di BSE yaitu laporan keuangan terdiri atas neraca dua tahun, laporan laba-rugi, laporan arus kas, dan kebijakan akuntansi dan catatan. Perusahaan yang tidak terdaftar hanya perlu menyiapkan laporan intinya saja, akan tetapi bagi perusahaan yang terdaftar harus menyiapkan laporan gabungan dan laporan inti.

Pada pengukuran akuntansi, anak perusahaan digabungkan ketika induk perusahaan memiliki saham lebih dari setengah kemampuan voting atau mengontrol pengaturan komposisi dewan direktur.

Berdasarkan informasi diatas dapat terlihat perbandingannya dari segi laporan keuangan yang diwajibkan, lalu lembaga pengawas pasar modal. Namun disetiap pelaporan keuangan mempunyai hukum Hukum Akuntansi Komersial yang mewajibkan laporan keuangan harus membuat Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas Pemilik, Laporan Arus Kas, Catatan dan setiap pelaporan keuangan harus sesuai dengan yang ditetapkan standar internasioanl yaitu FASB dan IFRS.

 

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Bursa_efek

http://id.wikipedia.org/wiki/Bursa_efek_Indonesia

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1204/1/akuntansi-firman.pdf

http://id.wikipedia.org/wiki/Bursa_efek_New_York

http://id.wikipedia.org/wiki/Bursa_efek_Bombay

http://eghasyamgrint.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s